Laundry.web.id – Jangan berharap Anda mendapatkan harga yang sama ketika mau laundry pakaian dari suatu tempat ke tempat lain walau mungkin wilayah atau daerahnya sama. Justru ada yang pasang tarif murah bahkan terkesan banting harga karena berbeda dengan lain. Di suatu sisi ada laundry yang pasang tarif berbeda, lebih mahal dari yang lain. Mengapa tarif laundry tidak bisa seragam dan ada yang mau mengawasi selayaknya satpol pp agar memudahkan layanan atau menghindari perang tarif harga laundry kiloan?

Saya ingin menanggapi cuitan seorang teman yang berandai-andai harga laundry seragam. “Persaingan usaha laundry tidak perlu terjadi bila para pengusaha laundry ikut dalam komunitas atau group di mana mereka yang menjadi anggota memiliki harga jasa yang  sama. Saya kebetulan juga menjadi group d ibeberapa komunitas laundry. Kita berharap dengan adanya group ini  memiliki harga jasa yang sama, pelayanan yang sama dan tentunya kita bisa saling bantu dalam hal pelayanan. Jadi pelanggan yang datang kemana saja akan mendapatkan harga yang sama tentunya juga pelayanan yang sama”.  Begitu tulis Pak Roni dari Cileungsi Bogor.

Sebelumnya saya juga mendapat informasi bahwa di suatu komunitas laundry telah mengatur anggotanya dengan harga seragam. Info tersebut didapat dari pelanggan parfum laundry yang berada di Radar AURI Cimanggis Depok. Karena saya mendengar langsung dan berhadapan, saya jawab dengan memakai logika dan argumentasi dengan mengatakan penyeragaman harga laundry itu sulit dan tak mungkin terjadi kecuali penguasa ikut turun tangan.  Apa penyebab harga bisa berbeda-beda?

Penyebab Harga Laundry Tidak Bisa Seragam

Penguasa pemerintah tak perlu turun tanganlah untuk menangani  laundry yang banting harga atau menaikkan semaunya karena ini bukan komoditas penting. Orang tidak usah laundry-pun tidak mengapa karena bisa dicuci sendiri di rumah. Sebenarnya yang meributkan harga itu rata-rata bukan mereka tapi para juragan  pemilik laundry.

Ada beberapa alasan mereka banting harga atau justru lebih mahal dari yang lain, di antaranya:

  1. Sudah punya brand ternama, ini tentu usaha laundry sudah berumur dan berpengalaman serta profesional. Mempunyai manajemen dan marketing yang bagus. Sudah mempunyai segmen pasar sendiri. Harga relatif mahal dan rata-rata harga laundry satuan.
  2. Grand opening, baru buka laundry dan memberikan harga promo untuk periode tertentu.
  3. Wilayah/area, di kawasan bisnis, rumah kampung atau sudut gang atau desa dengan kota bahkan beda pulau.
  4. Harga sewa, turut mempengaruhi harga laundry. Bandingkan mungkin yang hanya dikerjakan di rumah.
  5. Investasi, peralatan/perlengkapan laundry, sumber daya manusia turut mempengaruhi perbedaan harga. Bandingkan dengan laundry peralatan seadanya dan dikerjakan sendiri.
  6. Pasar, target pasar yang dituju juga turut mempengaruhi harga sebuah laundry. Di sekitar pabrik atau pekerja kantoran.

Selain itu karena laundry adalah jasa maka tak mungkin harga bisa seragam. Ada strategi di mana kita harus membangun branding dan personal branding. Ada iklan dimana harus kreatif. Proses ini pun bisa mempengaruhi harga dari sebuah jasa laundry yang kita tawarkan.

Keluhan Harga Laundry Sebelah Banting Harga

Pemain laundry yang sudah lama tapi yang ambil segmen pasar tengah turut mengeluhkan  tentang persaingan tidak sehat ini bahkan sampai banting-banting harga.  Laundry yang sebelumnya pasang tarif tinggi tidak berani berspekulasi dan memilih ikut pasar. Sebenarnya hal ini ada trik dan bisa di atasi agar laundry kita dapat profit , laundry bisa berkembang dan mampu bayar karyawan.

Rendahnya tarif laundry justru membunuh bisnis itu sendiri. Pelan tapi pasti laundry dengan banting harga akan bangkrut. Dampaknya yang paling nyata adalah tidak mampu menggaji karyawan dengan layak. Terlihat banyak pekerjaan tapi hasil tidak ada alias zonk. Lah memangnya laundry  itu cari pekerjaan? Kita cari uang, bro! Akibatnya ditinggal karyawan karena merasa gajinya kecil, ditinggal pula pelanggan karena laundry tidak tepat waktu.

Harga Laundry  Harus Naik!

Justru harga beragam itu patut disyukuri. Banyak pilihan layanan yang dimanjakan untuk pelanggan. Harga tinggi pun masih ada peminatnya, harga ikut pasaran juga tidak mengapa. Justru yang patut dihindari itu kita banting harga laundry kiloan.

Saya sering mendatangi laundry kiloan sambil memberikan sample deterjen, parfum laundry atau anti noda darah di sekitaran Cibubur dan Cileungsi Bogor. Beruntung kalau bertemu dengan owner-nya bisa langsung diskusi laundry. Biasanya kalau harga laundry kiloan dia lebih rendah, saya sarankan untuk menaikan segera dan jikalau harganya sama dengan yang lain (pasaran), saya pun menyarankan serupa. Lho kok?

Saya harap dengan harga yang pantas tentu yang menikmati kita semua, owner senang karyawan girang karena bayar tepat waktu dan gaji naik pula. Owner bisa menambah layanan laundry lain atau menambah alat tempur bahkan bisa buka cabang. Saya pun ikut bahagia, syukur-syukur dia jadi langganan tetap chemical laundry saya. Heheh…

Cara Memenangkan Persaingan Harga Laundry

Trik ini sempat saya bocorkan ketika  saya berkunjung ke laundry di daerah Cibarusah kabupaten Bekasi. Laundry masih satu cabang dengan yang di Gandoang Cileungsi Bogor dan ada satu lagi di Pondokkelapa Jakarta. Saya lihat yang di Gandoang dan di Cibarusah harga rata-rata masih 6 ribu. Saya sarankan naik jadi 7 ribu. Agar menjadi pionir dalam harga laundry kiloan dibutuhkan strategi dan nyali besar.

Laundry tersebut terlihat bagus terbukti menyewa dua ruko untuk outlet laundry. Peralatan pun cukup lengkap dan mengadopsi teknologi pada kasir laundry. Tetapi mengapa laundry tersebut tidak berani menjadi pionir dan masih “mikir” untuk menaikkan harga? Saya bocorkan triknya agar disampaikan pada bos pemilik laundry tersebut.

Triknya sebenarnya sederhana tapi setidaknya membutuhkan modal. Kalau mau nekat ya sebenarnya tinggal naikkan harga dengan resiko yang mungkin ditinggalkan pelanggan. Tapi menurut saya, laundry kan jasa. Kalau pelayanan yang kita berikan pada pelanggan bagus maka dengan harga naik tidak begitu pengaruh yang berarti. Cucian bersih, setrikaan rapi dan tepat waktu. Soal harum sebenarnya bonus. Sebenarnya aneh saja tukang parfum kok memberi tips “nyeleneh”, parfum laundry tidak wajib bagi laundry kiloan.

Lebih lanjut, kalau mau uji coba, buatlah laundry baru di depan atau dekat laundry kita. Pakai nama brand lain dan buat seolah-olah menjadi pesaing laundry yang ada sebelumnya. Pakai tarif baru lebih mahal tapi dengan catatan pelayanan nomor satu. Hal ini dilakukan bila kita anggap tidak mau kehilangan pelanggan akibat nekat pasang tarif mahal di laundry sebelumnya. Laundry baru dengan tarif baru memeungkinkan memicu pemain lama menyesuaikan harga.

Tidak ada salahnya dicoba. Dan ini bisa juga untuk mensiasati perang harga. Bila ada kompetitor banting harga, coba saja buat laundry baru di sebelahnya dan pasang tarif serupa. Selain itu kita buat juga dengan layanan premium untuk outlet lain.

Bagaimana kalau modal cekak dan ingin tetap eksis? Gampang saja, tingal tambah layanan jasa laundry seperti laundry sepatu, sofa, karpet, homecleaning dan lain sebagainya. Pokoknya jangan kehilangan ide.

Name - City
Membeli Product Time